Tugas
Individual
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
(Mata
Kuliah “Media Pembelajaran Bahasa
Arab”)
Disusun
oleh
Anisa
Rizqi Amaliyah 1011020091
Fak/Prodi/Smt:
Tarbiyah/PBA (A)/V (lima)
Dosen
Pembimbing: Umi Hijriyah,
M.Pd
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI (IAIN)
RADEN INTAN
FAKULTAS TARBIYAH
BANDAR
LAMPUNG 2012/2013
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/
Semester : X/ Ganjil
Alokasi
Waktu : 2x40 Menit
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pembelajaran
|
Menyimak
1.
Memahami
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog
|
Menyimak
1.1.Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa
atau kalimat) dalam suatu konteks dengan
tepat
1.2.Menangkap makna dan gagasan
atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
|
§ Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat
yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
§ Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
§
Menentukan tema dari
wacana lisan
§
Menentukan ide pokok
dari wacana lisan.
§
Mengungkapkan kembali
informasi rinci dari wacana lisan.
§
Mengidentifikasi kosa
kata-kosa kata baru atau sulit
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog
|
Berbicara
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal
yang tepat
2.2 Melakukan dialog
sesuai konteks dengan tepat dan lancar
|
§ Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
§ Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi
yang tepat
§ Menyampaikan informasi sesuai konteks
§
Mengajukan pertanyaan
sesuai konteks
§
Menjawab pertanyaan
sesuai konteks
§ Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
§ Melakukan percakapan sesuai konteks
|
Membaca
3.
Memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog
|
Membaca
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana
tulis dengan benar
3.2
Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat
3.3 Menemukan makna dan gagasan
atau ide wacana tulis secara tepat
|
§ Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
§ Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan
lafal yang tepat
§
Menentukan tema wacana
tulis
§
Menentukan ide pokok
dari wacana tulis
§
Menentukan informasi
rinci dari wacana tulis
§
Menafsirkan makna
kata/ungkapan sesuai konteks
§
Menjawab pertanyaan
mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
§ Menjawab pertanyaan
mengenai informasi rinci dari wacana tulis
§ Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
§ Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan
lafal yang tepat
§
Menentukan tema wacana
tulis
§
Menentukan ide pokok
dari wacana tulis
§
Menentukan informasi
rinci dari wacana tulis
§
Menafsirkan makna
kata/ungkapan sesuai konteks
§
Menjawab pertanyaan
mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
§ Menjawab pertanyaan
mengenai informasi rinci dari wacana tulis
|
Menulis
4.
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog
|
Menulis
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.
4.2 Mengungkapkan gagasan atau
pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan
struktur yang benar
|
§
Menulis kalimat dengan khat riq’ah
§
Menulis kata-kata,
frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
§ Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur
yang tepat
§ Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
§ Membuat wacana/cerita sesuai tema
|
1.
MATERI PEMBELAJARAN
a.
Materi Pokok
فى الغرفة الأكل
b.
Uraian Materi
"فى الغرفة الأكل"
نجلس فى غرفة الأكل
الأم : تفضّلوا.... هذا
رزّ وهذه سمك و هذا لحم و هذا الخضار.
الأب : أريد السمك و
الخضار
حامد : و أنا أحبّ اللحم و
الخضار
عائشة : و أنا أحبّ السمك و
الخضار
(و بعد الأكل)
عائشة : ماذا تشربين يا
أمّى؟
الأم : أشرب الشاي، يا
إبنتى
عائشة : تفضّلى يا أمّى!
الأب : و أنا أفضّل الماء
البريد، يا عائشة
عائشة : تفضّل يا أبى!
الأم : وعندنا الموز
والببايا
عائشة : انا أريد الموز يا
أمّى
حامد : وانا أفضّل الببايا
الأب : نحمد الله الذى ينعم علينا الله يحبّنا
الأم : لذلك نحبّ الله و نشكره
2. METODE
PEMBELAJARAN
a.
Mubasyiroh
b.
Tanya jawab
c.
Talaqqi
d.
Pemberian tugas
3.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan Awal
-
Guru membuka dengan salam dan
basmalah
-
Presensi siswa
b.
Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
-
Siswa menyebutkan beberapa
kosakata yang ada di ruang makan
-
Siswa membaca percakapan
tentang “Di ruang makan”
2.
Elaborasi
-
Siswa mendengarkan percakapan
dengan tema “Di ruang makan”
-
Siswa menirukan bacaan dengan
tema “Di ruang makan”
-
Salah satu siswa membaca
percakapan sedangkan siswa yang lain meirukan bacaannya
-
Guru menerangkan secara global
makna percakapan dengan tema “Di ruang makan”
-
Siswa melakukan dialog tentang
“Di ruang makan”
3.
Konfirmasi
-
Guru menyebutkan sebuah frasa
atau kalimat dalam bahasa Indonesia dan meminta siswa untuk menyebutkan
kalimatnya dalam bahasa Arab dengan mencarinya dalam teks percakapan
-
Guru menilai tugas yang
dikerjakan siswa
c.
Kegiatan Akhir
-
Guru dan siswa menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
-
Guru memberikan tugas kepada
siswa
-
Guru menutup pelajaran dengan
hamdalah dan salam
4.
SUMBER/ALAT/BAHAN:
-
Buku paket, alat
peraga, guru, dan sebagainya.
5.
PENILAIAN
No
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
1
|
§ Siswa mampu menjawab
pertanyaan yang sesuai dengan teks bacaan
|
§ Tes lisan
§ Tes tertulis
|
§ Tanya jawab
§ Uraian
|
§ Sebutkan contoh dari macam-macam makanan
§ Apa yang harus kita lakukan kepada
Allah yang telah memberi nikmat berupa makanan kepada kita
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar